Front Accounting (2) : Konfigurasi Tabel Master Chart of Account (COA), Customer dan Supplier

Secara default FrontAccounting sudah menyertakan tabel Chart of Account (COA), kita hanya merubahnya ke bahasa Indonesia (bila diperlukan). Saya sarankan anda tidak menghapus, namun hanya perlu merubah ke bahasa Indonesia. Apabila dirasa tidak diperlukan, anda cukup memberi status “inactive” pada account tersebut.

 Untuk meng-konfigurasi COA, setelah login ke FrontAccounting pilih tab “Banking and General Ledger”, pilih “GL Account Classes”, dan ubahlah namanya menjadi nama yang familiar, semisal seperti gambar berikut.

Masih pada tab “Banking and General Ledger”, pilih “GL Account Groups”, dan ubahlah namanya menjadi nama yang familiar, semisal seperti gambar berikut.

Setting terakhir untuk COA, pada tab “Banking and General Ledger”, pilih “GL Accounts”, dan ubahlah namanya menjadi nama yang familiar. Apabila ada account yang tidak dikehendaki ubahlah statusnya menjadi “Inactive”, semisal :

  • Petty Cash menjadi Kas Kecil

  • Account Receivable menjadi Piutang Dagang

  • Account Payable menjadi Hutang Dagang

  • Sales menjadi Penjualan, dan lain-lain

Setelah COA selesai dibuat, kita juga harus membuat “Bank Accounts” dari perusahaan kita. Pada tab “Banking and General Ledger” pilih “Bank Accounts”. Disini kita harus membuat account sejumlah account bank dan kas dari perusahaan kita, seperti contoh berikut.

 

Transaksi penjualan dan pembelian tentu melibatkan pihak pihak pelanggan (customer) dan pemasok (supplier) baik langsung (direct selling) ataupun melalui personel divisi penjualan (sales & marketing). Dalam hal ini kita harus meng-entry personel penjualan dan area penjualan melalui tab “Sales” => “Sales Persons” dan “Sales Areas”

Masih pada tab “Sales” kita harus menambahkan data Customer melalui “Add and manage Customer”. Pada entry ini yang harus diperhatikan adalah “Customer Currency”, “Sales Type” dan “Payment Terms”. Setelah selesai klik button “Add New Customer”. Tidak selesai sampai disini, kita harus klik link “ Add and Edit” untuk mengisi data customer lebih detil. Disinilah bagian yang paling krusial, karena entry ini akan mengaitkan setiap transaksi dengan General Ledger. Hal yang harus diperhatikan adalah : Siapa sales-nya, area sales, set account untuk penjualan, diskon, dan piutang, seperti contoh berikut.

Untuk entry master supplier kita dapat entry melalui tab “Purchases” kemudian “Supplier”. Sama seperti data customer, pada data supplier kita harus perhatikan isian pada bagian “Accounts”, karena berkaitan dengan General Ledger.

Sampai disini anda dapat menjalankan transaksi anda sehari-hari meliputi pembelian, penjualan, transaksi kas dan bank. Pada artikel posting selanjutnya kita akan mencoba melakukan transaksi yang biasa kita temui sehari-hari.

13 Comments (+add yours?)

  1. ROS
    Nov 30, 2011 @ 17:12:53

    Saya boleh tahu apakah Anda pernah memodifikasi frontaccounting? Karena saya membutuhkan modifikasi.

    Terima kasih
    ROS

  2. Wira Ade Putra
    Dec 08, 2011 @ 22:50:40

    Dahsyat pak, saya benar-benar terbantu. terimakasih banyak pak atas tutornya. oh ya saya memakai FA versi terbaru dimana install bahasa musti secara online, ada solusi gak pak tentang cara update language secara offline? kalau boleh saya dibantu saya ucapkan terimakasih sekali lagi…

  3. angelhelen
    Dec 11, 2011 @ 02:06:33

    sy blm pernah mencoba memodifikasi, btw modifikasi di bag mana bos?

  4. angelhelen
    Dec 11, 2011 @ 02:07:32

    Install bahasa indonesia, iya yah… bisa dicari dan dicoba tuh

  5. Sar Yono
    Jan 25, 2012 @ 13:21:22

    GIMANA CARA MENGHAPUS COA YG ADA TRUS DIGANTI YG BARU

  6. Anonymous
    Mar 06, 2012 @ 05:10:13

    tutorial yang bagus, bisa dilanjut-kan yang lebih kompleks

  7. rafacoltd
    Mar 14, 2012 @ 07:16:34

    mohon info,cara modifikasi frontaccounting 2.2.11.
    saya mau nambahi field “status”, “tanggal_service”, “komisiRp”, di sales older details,
    modifikasi apa saja di: sales_order_entry.php, cart_class.inc, sales_order_ui.inc?
    tks, bantuannya, regards, rafacoltd@yahoo.com

  8. angelhelen
    Mar 24, 2012 @ 00:43:48

    maaf gan, untuk modifikasi script sy belum coba. mungkin situ mau bagi ilmu…trims

  9. fajri
    Nov 18, 2012 @ 04:17:24

    tolong di lanjutkan tutorialnya gan,.,.,., lagi belajar FA nih

  10. andi
    Nov 30, 2012 @ 08:07:29

    modifikasi scrip d front accounting sangat mudah.,. tinggal mencari orang yg pandai bahasa inggris, untuk merubah bahasa inggris ke bahasa yg kita butuhkan.,. saya sudah coba, menjadi baha indo..

  11. Thakurdas
    Aug 16, 2013 @ 05:24:04

    Hi Angelhelen…
    …. where can I get tutorials in English for Front Accounting?

  12. ivan
    Dec 10, 2013 @ 11:50:38

    hai mba..salam.
    bisa minta tolong tutorial mengenai penggunaan front accounting ga mba ? atau transaksi yang biasa kita temui sehari-hari. yang mba maksud. makasi mba

  13. Rofi Areiv
    Nov 02, 2017 @ 04:09:52

    bagaimana nambah satu module pak

Leave a comment