Problem Install Windows XP di Compaq V3000 Series

Hampir semua notebook saat ini telah menggunakan teknologi SATA drive. Bagi yang menginginkan sistem operasi Windows XP di notebook dengan teknologi ini terkadang menimbulkan kesulitan dan masalah tersendiri. Ini saya alami ketika harus merepair laptop seorang kerabat yang notebook-nya (Compaq Presario V3000 Series) bermasalah, yaitu pada saat setelah boot windows-nya selalu log off, kemudian login lagi terus-menerus. Setelah scanning antivirus tidak menemukan hal yang mencurigakan, sampailah pada kesimpulan bahwa windows mengalami crash dan harus repair, bahkan kemungkinan install ulang.
Masalah dimulai ketika instalasi windows mengalami “blue screen” saat memulai install dengan message bahwa ada kerusakan (damage) atau ketidak cocokan driver (hardisk) dan proses berhenti begitu saja. Tanya sana-sini menghasilkan informasi bahwa notebook dengan SATA drive harus diinstall minimal dengan Windows Vista. Lalu bagaimana bila menginginkan install Windows XP? Cara yang paling gampang adalah menggunakan USB floppy disk. Download SATA driver dari situs HP/Compaq dan extract pada floppy disk. Pada saat proses instalasi ada permintaan tekan F6 untuk install SATA driver dan arahkan pada USB floppy disk yang sudah terisi file SATA driver.
Lalu adakan cara lain tanpa menggunakan floppy disk? Ada. Walaupun cara ini sedikit rumit namun tidak membutuhkan USB floppy drive (yang sangat jarang kita dapatkan). Prosesnya adalah kita membuat master installer Windows XP Service Pack 3 dan mengintegrasikan dengan SATA drive (Baca artikel sebelumnya : “Mengintegrasikan Windows XP dengan Service Pack 3”).
Bila “blue screen” tidak lagi muncul, namun driver yang kita integrasikan tidak cocok, pada proses instalasi (dalam hal ini) akan muncul warning bahwa hard drive tidak ada (tidak dikenali). Kalau ini terjadi, kita harus download SATA drive yang sesuai dengan tipe notebook dan proses integrasi antara Windows XP dan SATA drive diulangi kembali sampai hard drive dapat dikenali oleh Windows XP dan instalasi dapat diselesaikan.

Sumber :
http://paparadit.blogspot.com/
http://gyeezone.blogspot.com/

NB :
– link download SATA Driver Compaq Presario V3000 Series : ftp://ftp.hp.com/pub/softpaq/sp36001-36500/sp36131.exe

1 Comment (+add yours?)

  1. haryo
    Nov 16, 2011 @ 05:51:02

    jancok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: