Remove virus dengan Avira Antivir Rescue Disk

Setelah selesai install windows XP di salah satu komputer di pabrik, saya tidak segera install antivirus karena kesibukan hal yang lainnya. Ternyata ini mejadi masalah karena besoknya komputer tersebut sudah terinfeksi virus dan kemungkinan dari USB flash disk. Hal ini saya ketahui ketika saya coba install antivirus (Avira, AVG) ditolak. Indikasinya adalah beberapa file ‘.dll’ gagal diinstall. Begitu juga ketika membuka ‘regedit’ dan ‘msconfig’ tidak keluar window apapun. “add and remove program”, “system restore” juga gagal berfungsi. Dan yang menjengkelkan, ketika saya coba jalankan PCMAV (PC Media Antivirus), komputer langsung restart. Sejenak terpikir untuk install ulang. Tapi saya coba clean dengan Avira Antivir Rescue Disk. Setelah download dari http://dl.antivir.de/down/vdf/rescuecd/rescuecd.exe, burn file tersebut ke CD (dengan menu ‘burn image’) sehingga menjadi bootable CD. Jalankan komputer dengan priority boot dari CD tersebut. Pertama kali booting akan muncul pilihan boot dari disk atau hardisk, pilih no.1. Pada kasus ini konfigurasi saya ubah konfigurasi scan menjadi scan dan karantina/ubah nama file yang terinfeksi. Setelah selesai dengan proses ini komputer saya re-boot. Dampaknya ada beberapa file terinfeksi yang sudah di-rename gagal di-load pada saat start. Baiknya saya sudah bisa install antivirus. Pertama kami saya jalankan PCMAV dan bisa memperbaiki file yang terinfeksi virus. Dan seterusnya saya bisa install Avira Antivirus dan seluruh sistem windows bisa berjalan dengan normal.

Leave a Reply

