Monitor Ubuntu 8.04 Blinking Ketika Bermain Game

Setelah berhasil install game “Alien Arena” saya segera mencobanya. Tapi ketika baru saya membuka, monitor sudah berkedip-kedip. Dan itu berlangsung secara kontinyu selama bermain game. Ketika saya coba game 3D yang lain-pun terjadi hal yang sama. Hal tersebut tidak terjadi pada game 2D. Awalnya saya menduga karena komputer saya hanya ber “onboard-VGA” yang tidak mempunyai “3D acceleration”. Tapi setelah mencari-cari, ternyata biang permasalahannya karena saya menjalankan di “Compiz” di Ubuntu 8.04 saya.

Tapi bagaimana bila kita tidak ingin menghilangkan “Compiz” dan hanya me-non aktifkan-nya?

Bisa. Salah satunya yaitu dengan menginstall “fusion-icon”.

1. Buka terminal

2. ketik “apt-get install fusion-icon” (tanpa tanda petik) (diasumsikan bahwa anda terkoneksi dengan repository Ubuntu)

3. setelah selesai klik menu Application > System Tools > Compiz Fusion Icon, Akan muncul icon di system tray

4. Klik kanan icon lalu pilih “Select window manager” dan pilih option “Metacity”, maka Compiz akan non-aktif, dan game dapat dimainkan tanpa gangguan monitor blinking.

5. Untuk mengembalikan fungsi Compiz, lakukan perintah no 4, tapi kali ini pilih “Compiz” pada “Select window manager”

Leave a Reply

